Manfaat Marketing atau Iklan pada Sebuah Bisnis
29 April 2022 2022-05-25 9:56Manfaat Marketing atau Iklan pada Sebuah Bisnis
Apa jadinya ya, kalau di dunia ini nggak ada iklan di media massa atau media sosial? Wah, pastinya kita kesulitan untuk tahu produk-produk yang bisa kita gunakan buat memenuhi kebutuhan setiap harinya.
Itu aja baru dari kacamata kita sebagai seorang konsumen, gimana kalau kita yang jadi produsennya coba?! Bayangkan kamu punya produk dengan kualitas bagus dan harga terjangkau, tapi produk itu nggak pernah dipasarkan sama sekali, gimana orang-orang bisa tahu produknya?
Nah, inilah salah satu alasan kenapa marketing atau pemasaran itu penting banget dalam sebuah bisnis. Bukan cuma penting buat bikin target pasar tahu produk yang kita punya, tapi juga bagaimana produk tersebut bisa berguna untuk mereka.
Di zaman yang sudah serba canggih ini, nggak susah kalau kamu mau melakukan pemasaran, lho. Apalagi dengan kehadiran internet, wah, jadi semakin gampang lagi kalau mau memasang iklan digital secara online.
Salah satu iklan komersial digital yang bisa kamu coba yaitu beriklan di Google. Memangnya bisa, ya?! Yup, Google bukan hanya search engine buat kita cari informasi, tapi bisa juga digunakan buat mengiklankan produk atau website bisnis, lho.
Penasaran nggak sih, gimana caranya? Baca artikel ini sampai habis, ya!
Bagaimana Sebuah Bisnis Berjalan?
Sebelum kita membahas bagaimana iklan komersial di Google bisa membantu bisnis kamu supaya semakin kece, kita bahas dulu bagaimana sebuah bisnis bisa berjalan, yuk!
Buat kamu yang punya cita-cita ingin jadi entrepreneur atau pengusaha, perlu diingat kalau sebelum menjalankan sebuah bisnis, kamu harus mengetahui terlebih dahulu dasar-dasar bisnis dan apa aja yang penting buat dilakukan dalam memulainya.
Karena membangun bisnis nggak semata-mata hanya soal produk dan harga aja, maka dari itu penting buat kamu buat memiliki yang namanya business plan atau rencana bisnis, lho! Rencana bisnisnya apa aja, nih? Ini bisa dimulai dari awal kamu menentukan ide bisnis apa yang mau kamu jalankan.
Di sini kamu bisa memilih apakah ingin menjalankan bisnis di bidang kuliner, fashion, aksesori, dan lain-lain. Setelah ide bisnisnya sudah ada, kamu bisa mulai berpikir tentang bagaimana menjual produknya. Nggak usah bingung, sekarang zaman udah canggih, kamu bisa beriklan online juga, kok. Hemat tenaga bukan?
Setelah itu, kamu bisa mulai untuk memikirkan rencana keuangan bisnisnya. Bukan rahasia lagi ketika ingin membangun sebuah bisnis, diperlukan uang yang memadai untuk menyokong bisnis tersebut. Gampangnya, kamu butuh uang untuk modal!
Nah, setelah udah menentukan mau membuat bisnis apa dan modalnya juga siap untuk digunakan, ada satu hal yang penting banget nih buat kamu perhatikan. Kira-kira tahu nggak jawabannya apa?
Yes, bener banget, marketing atau pemasaran! Kamu perlu mempertimbangkan untuk melakukan iklan komersial yang mudah untuk diakses sama target pasa kamu. Tapi sebelumnya, kamu tahu nggak iklan komersial itu apa, ya?
Melansir Kumparan, iklan komersial adalah salah satu jenis iklan yang paling sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Biasanya, iklan komersial dipasarkan di media, mulai dari media massa, elektronik, papan reklame, brosur hingga media sosial.
Iklan komersial bisa dibilang merupakan kunci dari sebuah bisnis supaya bisa berjalan dengan lancar. Karena bisnis tanpa iklan bagaikan ikan tanpa air! Tapi, iklan komersial zaman sekarang tuh, nggak terbatas hanya di televisi, koran, dan billboard yang suka kamu temukan di jalan.
Sekarang kamu juga bisa memasang iklan komersial lewat search engine. Nah, search engine sendiri merupakan sebuah sistem dalam software yang didesain sebagai tempat untuk menyediakan informasi secara worldwide. Contohnya itu seperti seperti Google, Yahoo, Bing, dan MSN Search.
Salah satu search engine yang bisa kamu gunakan buat beriklan yaitu di Google. Setelah strategi marketing dijalankan, bisnis kamu tentu bakal mendapatkan eksposur yang dibutuhkan untuk mengenalkan produk yang kamu tawarkan.
Lalu, seperti apa sih marketing dalam menarik konsumen buat membeli produk yang kita punya?
Pentingnya Marketing/Pemasaran untuk Mendapatkan Konsumen
Sekarang kita masuk ke bagian marketing buat menarik konsumen, kira-kira gimana caranya?
Gampangnya gini, deh. Ketika kamu lagi ingin beli sesuatu, terus kamu melihat iklan produk yang lagi kamu butuhin, apa yang bakal kamu lakukan? Kamu bisa aja skip iklan itu, tapi pasti kamu ada rasa penasaran untuk cari tahu tentang produk tersebut, deh. Bener, nggak?
Nah, inilah salah satu kekuatan utama pemasaran buat narik perhatian target pasar atau target konsumennya mereka. Melansir website Accurate, peran marketing dalam menarik konsumen terlihat ketika produk yang kamu tawarkan dipromosikan dengan pasang iklan baik itu di media sosial maupun channel marketing lainnya.
Nggak cuma itu aja, marketing juga menjadi kunci untuk memperluas koneksi dan jaringan bisnis. Contoh kecilnya tuh gini, kalau kamu baru pertama kali banget membuka bisnis, biasanya kamu menawarkan produknya ke siapa? Mungkin nggak jauh dari keluarga dan teman dekat, kan?
Ini nggak jauh berbeda sama ketika kamu mulai melakukan pemasaran. Yang awalnya produk hanya dipasarkan dengan jangkauan konsumen di sekitar kamu, tapi ketika produk mulai dikenal dan mendapatkan banyak respon positif, marketing bisa bertugas buat meluaskan jaringan bisnis tersebut.
Jadi, nantinya bisnis kamu bakal memiliki kesempatan buat dikenal oleh orang-orang yang sebelumnya nggak tahu tentang produk yang kamu punya. Hal ini tentunya bakal menarik banyak konsumen dengan demografi yang lebih luas lagi.
Pengaruh Iklan Digital di Google untuk Bisnis
Nah, kita masuk ke digital advertising atau pemasaran iklan yang dilakukan secara digital (iklan digital), Sobat Zenius. Tapi, sebelum kita membahas lebih dalam, kita bahas tentang apa itu digital advertising terlebih dahulu, ya!
Dilansir dari website BigEvo, digital advertising ini merupakan kegiatan marketing yang memiliki peran penting dalam bisnis. Iklan digital ini berfungsi untuk memasarkan sebuah brand maupun produk yang dimiliki melalui beberapa marketing channel secara online.
Tujuan dari digital advertising nggak berbeda sama tujuan pemasaran pada umumnya, yaitu untuk menjangkau konsumen atau target pasar dengan cepat, tepat, dan efisien. Mengingat rata-rata penduduk Indonesia menghabiskan sekitar 3 jam 14 menit dalam sehari menggunakan internet untuk mengakses media sosial, berdasarkan riset Digital 2021: The Latest Insights Into The State of Digital.
Oh iya, menariknya lagi, berdasarkan informasi yang dilansir dari Kompas, ada sekitar 4,54 miliar pengguna internet aktif di dunia. Jadi bisa dibilang kalau manusia zaman sekarang nggak bisa lepas dari yang namanya internet dan media sosial.
Dengan adanya data ini, kehadiran iklan digital semakin bersinar lagi, nih. Apalagi strategi marketing seperti ini nggak hanya bisa dilakukan sama perusahaan besar aja, tetapi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) juga punya kesempatan yang sama.
Cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk memasang iklan digital salah satunya yaitu dengan Google. Iya, Google yang buat mencari segala hal hanya dengan hitungan detik itu!
Google nggak hanya eksis sebagai search engine yang bisa menyediakan banyak sekali informasi yang kamu butuhkan. Google juga bisa sebagai channel untuk kamu memasarkan brand maupun produk bisnismu.
Kira-kira, caranya gimana ya?
Nah, kamu bisa pasang iklan di Google dengan fitur yang namanya Google Ads. Buat kamu yang belum familiar sama istilah ini, melansir dari Marketing Craft, Google Ads (atau Google Adwords) merupakan fitur periklanan Google yang membantu kamu untuk memunculkan informasi maupun produk yang berasal dari situs bisnis kamu ke halaman utama si Google.
Contohnya iklan digital di Google misalnya kamu menjual produk skincare, terus kamu memasang Ads di Google. Ketika seseorang mencari produk skincare di Google, produk kamu bakalan terpasang di nomor 1 pada halaman utama dari si Google itu.
Terus, pengaruhnya apa? Tentu aja konsumen yang lagi cari skincare langsung tertuju sama produk kamu yang sedang diiklankan di Google, karena produk tersebut muncul di halaman utama. Jadi bisa dibilang, Google Ads membantu kamu supaya lebih mudah mendapatkan eksposur di search engine.
Supaya kamu lebih tertarik lagi memasarkan iklan digital, kamu perlu tahu juga manfaat iklan untuk kelangsungan bisnis kamu. Kira-kira, apa manfaat iklan, ya?
Seperti yang udah sempat disinggung sebelumnya, iklan bisa membantu kamu buat mengenalkan produk ke konsumen. Nggak cuma itu aja, lewat iklan, kamu juga bisa banget memberikan informasi tentang produk kamu. Misalnya informasi mengenai ingredients atau bahan-bahan yang dibuat untuk produk yang dijual.
Selain itu, kamu juga bisa menarik konsumen lewat iklan dengan memberi informasi tentang manfaat atau fungsi dari produk yang kamu tawarkan. Karena biasanya, konsumen akan tertarik untuk membeli suatu barang ketika barang tersebut memiliki nilai untuknya.
Dengan iklan kamu juga bisa memberikan informasi mengenai harga atau ketika memberikan diskon dan lainnya. Jadi, iklan sangat bermanfaat untuk bisnis kamu!
Pelatihan #JadiPro dengan ZenPro
Kalau kamu ingin belajar memasarkan iklan di Google dengan mudah dan dibimbing sama tutor kece, kamu bisa ikut kelas pelatihan #JadiPro Menggunakan Google untuk Bisnis dengan ZenPro!
Pelatihan seperti apa yang bakal didapatkan di kelas ini? Kelas ini membantu pelaku usaha kecil dan menengah untuk dapat memanfaatkan Google Bisnis dan Google Ads untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.
Yang terpenting, pelatihan ini bisa diikuti oleh siapapun yang tertarik belajar marketing dengan menggunakan Google. Untuk mengikuti kelas ini, kamu hanya perlu mempersiapkan peralatan seperti laptop/gadget dan koneksi internet yang stabil.
Jadi, tunggu apalagi? Yuk, langsung daftar kelas pelatihan Menggunakan Google untuk Bisnis sekarang!

Referensi:
Memahami Google Ads dan Manfaatnya untuk Mendukung Pemasaran – Get Craft (2020)
Berapa Lama Orang Indonesia Akses Internet dan Medsos Setiap Hari? – Kompas (2021)
Digital Advertising: Pengertian, Jenis & Manfaat Untuk Bisnis – BigEvo (2021)
Manfaat Marketing Dalam Mengembangkan Bisnis – Software Accurate JKT (2020)